Pemdes Cinta Asih Galakkan Program Pembuatan Kampung Budidaya Ikan Mas

Pemdes Cinta Asih Galakkan Program Pembuatan Kampung Budidaya Ikan Mas

Kepala Desa Cinta Asih, Dede Suryadi--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Cinta Asih, Kecamatan Pangkalan akan menggalakkan program pembuatan Kampung Budidaya Ikan Mas di Desa Cinta Asih. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah produktifitas panen dan memenuhi kebutuhan pasar.

Sebagai bentuk keseriusan, pemerintah desa akan mengalokasikan dana Anggaran Dana Desa (ADD) untuk membantu pengembangan usaha budidaya ikan mas tersebut. 

Kepala Desa Cinta Asih, Dede Suryadi, menyampaikan, berdasarkan uji kualitas air oleh tim survei. Hasilnya menunjukkan bahwa air di Desa Cinta Asih memiliki pH yang standar dan bebas timbal, membuatnya ideal untuk budidaya ikan.

"Hasil uji laboratorium air di Desa Cinta Asih sangat bagus. PH airnya berada dalam kategori standar dan bebas timbal, sehingga sangat cocok untuk budidaya ikan," ujar Dede Jumat, 27/9/2024.

BACA JUGA:Longsor Tambang Emas Ilegal di Solok: 15 Meninggal Dunia Puluhan Lainnya Masih Tertimbun

BACA JUGA:RUPSLB Maybank Indonesia Setujui Perubahan Pengurus, Dewan Komisaris, Direksi dan DPS

Program ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi para pembudidaya ikan mas di Desa Cinta Asih. Sebab, selama ini pihaknya masih mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar yang tinggi, terutama di wilayah Karawang Kota. 

Dengan adanya program Kampung Budidaya Ikan Mas, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah produktivitas panen dan memenuhi kebutuhan pasar.

"Selama ini para pembudidaya ikan mas kesulitan memenuhi pangsa pasar yang sangat tinggi, khususnya untuk di daerah Karawang Kota. Dengan adanya program pembuatan Kampung Budidaya Ikan Mas di Desa Cinta Asih, diyakini akan meningkatkan jumlah produktifitas panen," jelas Dede.

BACA JUGA:Isak Tangis Keluarga dan Suasana Haru Iringi Kedatangan Jenazah Almarhum Ridho Darmawan di Tambun Selatan

BACA JUGA:Bawa Teknologi AI Mutakhir, Inilah 5 Daya Tarik Galaxy Z Fold6 | Z Flip6 yang Menang Dibanding HP Sekelasnya!

Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah desa akan memberikan bantuan berupa dua kwintal setengah bibit induk ikan mas dan peralatan pendukung. 

"Kami pun berencana akan mengalokasikan dana ADD Cinta Asih untuk membantu pembudidaya dalam pengembangan usaha di sektor budidaya ikan mas serta akan memberikan bantuan dua kwintal setengah bibit induk ikan mas dan peralatan," tutur Dede.

Program Kampung Budidaya Ikan Mas di Desa Cinta Asih akan terpusat di Dusun Babakan Pojok. Namun, program ini akan melibatkan seluruh masyarakat di empat dusun yang telah melakukan budidaya ikan mas di desa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: